Surga Kecil Milik Indonesia

Ketika orang-orang menyebut yang namanya kota Jakarta, selalu terbayang dipikiran kita adalah kemacetan. Selain kemacetannya yang hampir setiap hari terjadi, suhu yang tropis membuat Jakarta selalu juga identic dengan kata panas. Dibalik itu semua, siapa sangka jika Jakarta menyimpan surga dunia. Surga yang memberikan kepuasan batin bagi siapa saja yang bisa masuk kedalamnya. Surga yang di huni para pulau eksotik nan indah ini, disebut Kepulauan seribu. Dari katanya, kita pasti berangan-angan jika di kepulauan seribu mempunyai seribu pulau. Namun kenyataannya, kepulauan seribu hanya dihuni sekitar 111 pulau dengan beragam keistimewaan termasuk pulau-pulau pasir dan terumbu karang yang bervegetasi maupun yang tidak. Menurut saya, kata seribu itu merupakan salah satu penjabaran dari seribu keistimewaan yang dapat kita rasakan disana.

Pulau seribu

Kepulauan seribu merupakan gugusan kepulauan yang terletak disebelah utara jakarta tepatnya berhadapan dengan teluk jakarta. Kepulauan seribu memanglah tempat yang sangat strategis melakukan berbagai kegiatan. Apalagi didukung dengan fasilitas dan sarana yang memadai. Dari sekitar 111 pulau yang berada dikepulauan seribu, ada 9 pulau yang menurut saya paling eksotis dengan pemandangan yang sangat memanjakan mata serta keunikan pantai dan keistimewaan yang masing-masing mempunyai keidentikan. Berikut Sembilan pulau yang paling tereksotis di kepulauan seribu;

1. Pulau Anyer

Kita awali dengan salah satu pulau yang ada di kepulauan seribu yaitu pulau anyer. Pulau anyer merupakan sstu-satunya di kepulauan seribu yang mempunyai fasilitas air tawar. Di pulau ini juga disediakan masjid bagi orang muslim agar tidak lupa menjalankan kewajibannya. Dari samping kanan dan kiri semuanya menghadap kepantai yang nan eksotis. Warna air yang biru terang membuat mata terpesona akan keindahannya yang dibalut dengan pasir putih yang sangat menawan.

pulau anyer

Combine by Rhyantd Bryantd

Kalian juga bisa mengelilingi pulau anyer dengan bersepeda sambil menikmati senja yang selalu menampakkan warna merah bercampur oranyenya. Sebuah keindahan yang memancing mata tetap berbinar. Dengan fasilitas tambahan arena bermain anak, para orang tua bisa membawa anaknya untuk bermain bersama atau yang lebih menantang lagi dengan olahraga air seperti banana boat dan jetsky.

2. Pulau Putri

Pulau ini sangat pantas dijuluki dengan nama putri. Dipulau ini, kalian akan dimanjakan dengan pemandangan bawah laut yang sangat cantik dan menawan layaknya seorang putri. Digerbang pulau putri kita langsung disambut dengan patung putri duyung yang didesain sangat cantik. Di pulau ini, keluarga kalian akan sangat dimanjakan dengan berbagai fasilitas darat dan laut. Yang paling banyak diminati oleh keluarga adalah undersea dan lapangan tennis.

pulau putri

Combine by Rhyantd Bryantd

Lapangan tennis yang didesain sedemikian rupa dengan dikelilingi pepohonan yang rindang, membuatnya tetap fresh dipandang oleh mata. Yang tidak kalah menariknya dari pulau ini, terdapat undersea aquarium, yang merupakan lorong yang dibatasi dengan dinding-dinding kaca yang tembus pandang di bawah laut dengan kedalaman kurang lebih 5 meter dan mempunyai panjang sekitar 15 meter. Sepanjang lorong undersea anda bisa melihat keindahan dasar laut, yang dihuni oleh ikan hias dan terumbu karang yang berwarna-warni dan sangat menawan. Fasilitas undersea hanya satu-satunya terdapat di pulau putri dari berbagai pulau di kepulauan seribu.

3. Pulau Bidadari

Pulau yang satu ini tak kalah uniknya dengan pulau-pulau yang ada di kepulauan seribu. Dengan kelebihan pada peninggalan bagunan bersejarahnya yang membentuk bundaran dari susunan batu-batu, membentuk seperti sebuah kerajaan yang pernah dihuni sang bidadari. Sebenarnya, pulau bidadari dulunya adalah pulau sakit,  pada abad ke 17 di pulau bidadari dibangun rumah sakit khusus penderita lepra dan kusta oleh Belanda. Selain itu secara bersamaan Belanda juga membangun sebuah benteng Martello yang berfungsi untuk pertahan dari ancaman musuh, dan benteng tersebut masih bisa temukan di pulau bidadari.  Dan pada awal tahun 70n pulau ini dikelola dan dikembangkan sebagai resor wisata.

Combine by Rhyantd Bryantd

Combine by Rhyantd Bryantd

Dengan didukung objek yang sangat menarik dengan kompleks pemandangan yang sangat indah, membuatnya banyak di kunjungi oleh para photographer. Di pulau ini juga disediakan berbagai macam olahraga darat, seprti billiard, volley, dll.

4. Pulau Pramuka

Pulau pramuka merupakan salah satu pulau di kepulauan seribu yang mempunyai mayoritas penduduk yang lebih banyak. Sampainya di gerbang pulau pramuka, anda langsung disambut dengan keramahan dan senyuman dari para warga pulau pramuka. Dipualu ini sudah lengkap dalam sarana sekolah, masjid, bahkan rumahsakit ada dipulau pramuka.

Combine by Rhyantd Bryantd

Combine by Rhyantd Bryantd

Pulau hijau dengan berbagai macam pepohonan yang rindang, dapat memanjakan mata anda untuk tetap berlama-lama dipulau ini. pulau pramuka merupakan salah satu pulau yang ada dikepulauan seribu dengan pantai yang biru terang dan bersih dengan balutan taman laut yang begitu memanjakan mata. Dari taman lautnya yang sangat terjaga dan indah, membuatnya banyak dikunjugi oleh penggemar penyelam dan snorkeling.

5. Pulau Pantara

Pulau pantara adalah salah satu dari kepulau seribu yang memiliki keunikan tersendiri. Di pulau ini, dapat ditemukan terumbu karang yang begitu cantik dengan susunan yang masih selalu dijaga kelastariannya. Pemandangan eksotis lautnya, sering mengundang para penyelam untuk berlama-lama di pulau ini.

Combine by Rhyantd Bryantd

Combine by Rhyantd Bryantd

Dengan keindahan pulau yang begitu indah, banyak yang membangun restaurant yang tempat makan yang begitu romantic. Khusus para si joli, bisa berlama-lama ditempat yang penuh dengan keromantisan ini. skali-skali, para photographer pra wedding tak tanggung-tanggung menjadikan pulau pantara sebagai objek baground untuk hasil gambarnya.

6. Pulau Tidung

Pulau tidung merupakan salah satu pulau yang ada dikepulauan seribu. Keistimewaan pulau tidung itu sendiri adalah pulau terbesar di kepulauan seribu. Tak kalah uniknya, terdapat jembatan yang didesain dengan sangat menawan. Bergulir menyisir laut dengan indahnya, jembatan ini biasa disebut sebagai jembatan cinta.

Combine by Rhyantd Bryantd

Combine by Rhyantd Bryantd

Kebanyakan orang biasanya menyempatkan diri untuk berfoto di kepulauan tidung ini, terutama pada jembatan cinta yang sangat unik. Tak jarang orang memuji pulau satu ini sebagai pulau cinta.

7. Pulau Sepa

Pulau sepa adalah pulau yang mempunyai keistimewaan dari berbagai pulau yang ada dikepulauan seribu. Letak keistimewaan pantai sepa adalah pada pasir pantainya yang memiliki kualitas baik dan sangat bersih dan tepi pantainya juga belum tertutup oleh bebatuan. Ketika menikmati senja, adakalanya kalian bisa berjalan kaki memutari pulau sepa dengan santai. Pulau ini tidak begitu luas sehingga bisa dikelilingi dengan berjalan kaki ataupun bersepeda.

Combine by Rhyantd Bryantd

Combine by Rhyantd Bryantd

Kepuasan akan terpancar di kepulauan sepa dalam segi pasir purih, nuansa tropis yang sangat alami, serta pesona taman bawah laut yang bisa memanjakan mata kita. Buat kalian yang hobi memancing, jangan ragu untuk mencoba pulau satu ini. dijamin kalian akan mendapatkan ikan, karena habitan kelastarian ikan masih sangat terjaga. Di pulau sepa ini juga sangat didukung dengan air pantai yang sangat tenang dan nyaman.

8. Pulau Pelangi

Pulau yang satu ini sangat trand dikalangan orang yang bulan madu. Bagaimana tidak, kesan romantic dan kelestarian yang sangat dijaga hijaunya, membuat puali pelangi sering disebut pulau HoneyMont. Walaupun pulau yang satu ini kecil, tapi dengan keindahan pohon palem dan pohon pinus yang tumbuh disekitarnya, membuatnya sangat nyaman dengan hati.

Combine by Rhyantd Bryantd

Combine by Rhyantd Bryantd

Sesuai dengan namanya, kita akan melihat warna-warni pelangi ketika menginjakkan kaki di pulau ini. berbagai macam tanaman yang berwarna-warni sangat menunjang wisata kita. Di pulau ini, kalian bisa mendapatkan penginapan yang terbaik dengan tempat makan malam yang mempunyai suasana seperti di bali yang dibalut dengan pancaran senja yang sangat romantic.

9. Pulau Kotok

Pulau terakhir yang menurut saya eksotik adalah pulau kotok. Pulau kotok ini merupakan sebuah pulau yang mempunyai lingkungan tropis yang sangat bagus. Pepohonan bakau yang tertanam di pasir putih, merupakan ciri yang dimiliki pulau kotok. Dengan kealamian yang masih sangat terjaga, pulau kotok dijadikan sebagai konservasi burung elang bondol yang menjadi maskot DKI Jakarta.

Pulau ini sangat cocok bagi pasangan muda yang ingin suasana alami, sepi tapi sangat romantis. Pertama kali sampai dipulau ini, kalian langsung dijemput dengan air kelapanya yang sangat segar. Salah satu pulau dikepulauan seribu ini, sangat memanjakan kita dengan kealamian yang ia miliki dan sangat cocok untuk bersantai saat fajar tiba.

***

Itulah ke-sembilan pulau yang menurut saya sangat mempunyai nilai eksotik di kepulauan seribu. Sekaligus pulau yang sangat ramai dikunjungi bagi wisatawan local maupun asing. Di kepulauan seribu, banyak kegiatan yang bisa kita lakukan diantaranya; memancing, snorkeling, Canoeing, Jetsky, banana boat, sepeda air, diving, bersepeda bahkan kegiatan untuk photography sangat mendukung di kepulauan seribu. Bagi yang ingin menghabiskan waktu di resort, ada beberapa aktivitas tambahan yang bisa kalian lakukan, diantaranya ; sunbathing (berjemur), menikmati Matahari terbenam (Sunset), bahkan fasilitas untuk meeting kantor atau semacamnya disediakan di kepulauan seribu. Berikut cuplikan Diving Exsperience oleh MrPnugroho yang berjudul ” Pramuka Island Diving Exsperience With MV Putri Krakatoa”. Video yang berdurasi  3 menit 53 detik ini memperlihatkan bagaimana keindahan bawah laut salah satu pulau dikepulauan seribu yaitu Pulau Pramuka.

Sebuah kepulauan yang menjadi surga para pulau-pulau eksotik dengan beragam keistimewaan yang selalu siap memanjakan para penikmatnya. Sebuah surga kecil yang diberikan tuhan yang maha esa buat Indonesia dengan beragam keindahannya, surga yang selalu dijuluki sebagai kepulauan seribu.

Sekedar Informasi Mengenai RISET yang di kutip dari ( http://www.pulauseribu.co/2012/09/profil-kepulauan-seribu.html ) tentang kepulauan seribu yaitu:

1. Dari segi geografis

Kepulauan Seribu terdiri dari pulau-pulau karang sebanyak 105 buah dengan total luas wilayah daratan sebesar 8,7 km². Posisinya secara geografis adalah pada 5°24´ – 5°45´ LS dan 106°25´ – 106°40´ BT dengan luas 1.180,8 hektare (11,8 km²). Temperatur sepanjang tahun umumnya berkisar antara 21°C-32°C dengan kelembaban udara rata-rata 80%. 

2. Dari segi Penduduk

Berdasarkan hasil Sensus Penduduk tahun 2000 jumlah penduduk di Kepulauan Seribu adalah 17.973 jiwa, yang terdiri dari laki-laki 9.176 jiwa dan perempuan 8.797 jiwa  atau sex ratio sebesar 1,04. Sedangkan jumlah rumahtangga sebanyak 4.454 rumahtangga. Dari sekian banyak pulau, hanya 11 pulau yang dihuni. Sisanya digunakan untuk rekreasi, cagar alam, cagar budaya dan lain-lain. Pulau yang terpadat adalah kelurahan Pulau Panggang dengan kepadatan 4.354 jiwa/Km2, sedangkan yang terendah adalah kelurahan Pulau Untung Jawa dengan kepadatan 664 jiwa/KM2.

3. Dari segi Pariwisata

Kepulauan Seribu ditetapkan menjadi Taman Nasional Laut dengan Keputusan Menteri Kehutanan Nomor 162/Kpts-II/1995 dan No. 6310/Kpts-II/2002 yang dikelola oleh Balai Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu, Departemen Kehutanan. Luas wilayah 107.489 hektar dengan sekitar 44 buah pulau termasuk ke dalam taman nasional. Pulau-pulau yang terdapat di Kawasan Taman Nasional Kepulauan Seribu merupakan tempat ideal untuk snorkeling, berenang, atau menyelam. Kepulauan Seribu juga mempunyai pulau yang ditunjuk sebagai pulau suaka alam seperti Pulau Rambut dan Pulau Onrust yang ditunjuk sebagai pulau cagar budaya. 

Bagaimana Sahabat Penceloteh, Berminat pergi ke Kepulauan seribu dan merasakan keindahannya? Mari tuliskan komentarmu di kolom komentar.

 Logo blog

Sekedar catatan ; Semua Gambar diatas didapatkan dari Google.com dan digabung oleh Sang Penceloteh Terkecuali gambar yang langsung diambil dari twitter.com dan video dari youtube.

Iklan

5 thoughts on “Surga Kecil Milik Indonesia

Komentar akan muncul setelah dimoderasi. Terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s