Pemimpin

Berbicara masalah kepemimpinan seorang pemimpin, saya tertarik mengupas hal-hal yang terjadi disekitar saya! Pertama-tama, saya membuat postingan ini dengan tujuan memberikan pendapat dan saling share pengetahuan bukan tentang mencaci apalagi memaki. Baik, kita melangkah kearah yang lebih sensitive dengan kata pemimpin. Pemimpin disuatu badan organisasi baik itu lingkungan kantor ataupun kampus adalah tongkak awal yang penting- maka dari itu, memilih kriteria pemimpin yang baik itu sangat diperlukan. Pada dunia kampus misalnya, seorang pemimpin tidak hanya memegang tanggung jawab dirinya sebagai mahasiswa namun juga pada setiap anggota yang dipimpinnya. Secara garis besar, kriteria pemimpin yang baik musti bisa memberikan atmosfir yang begitu positif demi kelancaran dan keutuhan organisasi yang ia pimpin. 

*** Teladan, Rasa Hormat dan Mendengarkan ***

Semua anggota organisasi akan memberikan penghormatan kepada pemimpinnya jika pemimpin tersebut dapat memberikan contoh yang baik bagi setiap anggotanya. Menguasai bidang yang dipimpinnya dan tanpa memamerkan jika ia menguasai bidangnya, merupakan salah satu pemimpin yang teladan. Seorang pemimpin juga musti bisa memberikan gambaran tentang masa depan sebuah organisasi yang ia pimpin. membangun kualitas serta menimbulkan keakraban terhadap anggota bisa membuat rasa hormat kepemimpinan semakin melambung. Untuk membuat suatu organisasi semakin maju, tidak bisa dipungkiri jika para pemimpin membutuhkan anggotanya dalam menyumbangkan ide-ide yang dapat meningkatkan organisasi yang mereka naungi. Jadi, seorang pemimpin juga musti mendengarkan ide-ide dari anggotanya walaupun itu ide yang sangat sedikit dan tidak memilah-milih dalam mendengarkan pendapat.

***Fokus dan Persuasif***

Setelah visi dan misi ditetapkan, seorang pemimpin akan berusaha dengan baik demi mencapai visi dan misinya dengan mengembangkan program dengan inisiatif yang baru. Untuk apa membuat banyak-banyak program yang ujung-ujungnya tidak dapat dicapai dan sangat melenceng dengan apa yang ada pada visi dan misinya serta yang mereka tetapkan sebelumnya. Seorang pemimpin juga musti bisa membuat para anggotanya bisa sejalan dengan apa yang ia inginkan. seorang pemimpin musti membuat semua orang bisa memahami sudut pandangnya dengan menggunakan logika, akal, emosi dan kekuatan kepribadian yang ia miliki. pemimpin musti memotivasi dengan bijak, intinya disini pemimpin musti pandai berbicara dengan menggunakan hati dan mempertimbangkan semua saran yang masuk.

Seorang pemimpin yang baik tidak hanya memikirkan kesenjangan dirinya atau sebagian orang-orang yang dipilihnya namun seorang pemimpin yang baik akan selalu ada pada semua anggotanya. Postingan ini hanya segelintir saran dan sebuah sharing yang saya lakukan. dalam artian, bukan berarti saya adalah pemimpin yang baik (tapi apa salahnya jika saya memberikan masukan) #Remind ^_~ – Segitu saja, selamat Malam Kalian 

Picture from Picture/Google.com/Pemimpim
Iklan

Komentar akan muncul setelah dimoderasi. Terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s