Pengalaman Dengan Program TestDisk

Ketika gue masih kuliah, gue mencoba instal ulang laptop temen dengan windows 7 ATI karena kebetulan, lagi naik daunnya dulu. Awalnya sih lancar terinstal tanpa hambatan. Hingga proses akhir, masih sama saja seperti menginstal merek windows lain. Untuk dapat menyelesaikan tugasnya, si windows minta reboot. Nah, disinilah asal muasal masalah pertama hadir. Setelah reboot, kok tadinya tiga partisi sekarang menjadi dua partisi. Gue semakin bingung. Ditambah lagi, yang hilang adalah partisi Data D yang semua file penting tersimpan disitu. Gue mengalami stress berat. Gue bingung mau ngapain karena ini pertama kalinya gue mendapatkan masalah yang seperti ini. Coba telfon temen, dan mereka nyaranin untuk make partition magic 7.0. Gue sempat ragu, karena perasaan partition magic 7.0 itu digunakan untuk membagi partisi.

Pengalaman Program Testdisk

Dari pada gue bengong, gue coba make partition magic 7.0. Alhasil, gue semakin menangis darah. Semua partisi lenyap tak tersisa. Seluruh data hilang, baik itu yang penting atau yang gak penting. Gue semakin garuk-garuk kepala. Akhirnya gue mendapat sedikit bantuan lagi dari seorang kakak tetangga indekost. Ia memperkenalkan gue dengan program testdisk. Sebuah program kecil yang bisa berjalan di berbagai platform seperti windows, Linux, dan Macintosh. Kalau dilihat sekilas program ini memang kurang meyakinkan dan mengenakkan mata. Tampilan DOS-based dengan pengoperasian menggunakan keyboard (panah kanan-kiri-atas-bawah-enter-spasi). Tapi setelah anda berhasil me-recover partisi, mulut dan lidah anda tidak akan berhenti berucap subhanallah yang diakhiri dengan Alhamdulillah.

Bagi yang belum pernah melakukan recover menggunakan testdisk, berikut ini mungkin bisa dijadikan referensi.

  • Sediakan Kopi dan Biskuit disamping anda 🙂
  • Jangan lupa baca bismillah sebelum melakukan recover.
  • Download program testdisk dan Sesuaikan dengan platform OS yang anda gunakan. Berdasarkan pengalaman, PC Linux OS sudah memasukkan ke pakenya, KNOPPIXliveCD juga. Ingat, tanpa program ini anda tidak mungkin dapat bekerja. Link : Download
  • Install testdisk. Kalau windows, tinggal dobelklik aja file instalasinya. Linux?? silahkan baca sendiri disini
  • Jalankan program testdisk. Ada pilihan [CREATE],[APPEND],dan [No Log]. Pilih [CREATE] jika anda baru pertama menggunakannya. Setelah itu akan Muncul daftar disk yang berhasil di deteksi testdisk. Pilih disk mana yang akan anda recover. Flashdisk drive juga bisa. [PROCEED]. Jenis tabel partisi juga harus anda pilih. FAT, FAT32, NTFS, ext bisa pilih [INTEL]. Silahkan [analisa] disk anda. Akan muncul partisi-partisi yang pernah bersemayam di hardisk anda. Untuk melihat isinya, tekan tombol P di keyboard anda. Opsi lainnya ada di bagian bawah. Tekan ENTER untuk melanjutkan perjalanan.
  • Sekarang saat yang paling penting. Satu langkah yang akan mengubah hidup anda. Mengembalikan file-file yang hilang. Pilih [WRITE] jika anda benar-benar memiliki keyakinan dan keberanian yang kuat untuk melakukannya.
  • Confirm. Anda tau yang anda lakukan.
  • Biasanya program meminta reboot/restart untuk menyelesaikan tugasnya.
  • Silahkan berdag-dig-dug melihat isi hardisk yang baru saja anda recovery. Muncul lagi kah partisi dan file-file anda yang hilang ???
  • Semoga saja iya.

Setelah melakukan langkah diatas, Alhamdulillah Semua partisi kembali seperti semula. Gue akhirnya bisa santai dengan secangkir kopi susu. Agh #Mantap. Tapi ingat, Keputusan dan Resiko tetap ditangan anda. Jangan lupa membagi ilmu yang anda miliki kepada orang lain.
– Back up hardisk anda sebelum melakukan tindakan yang dapat membahayakan hardisk –

One thought on “Pengalaman Dengan Program TestDisk

Komentar akan muncul setelah dimoderasi. Terimakasih

