Impian Traveling And Teaching

Jika diberikan kesempatan untuk traveling ke luar negeri, saya akan memilih Thailand. Ingin rasanya mengunjungi sebuah Sekolah Apung di provinsi Lamphun di bagian Utara Thailand, tepatnya di Li District. Traveling sambil Teaching pasti akan sangat mengasikkan. Selain berlibur, berbagi pengetahuan kepada anak-anak disana akan membuat sebuah traveling yang super bermanfaat. Bann ko jatson school (floating class branch) adalah nama sekolah yang ingin saya kunjungi. Sebuah sekolah apung yang terbuat dari kayu dan bambu yang tersusun rapi, membuat sekolah itu benar-benar menyatu dengan alam. Air Jernih yang membentang luas, membuat mata teduh dibuatnya. Kisah perjuangan seorang guru disekolah tersebut, pernah dibuat dalam sebuah movie thailand dengan judul “Teacher Diary”. Walaupun tidak syuting dilokasi sebenarnya dan masih berbalut percintaan, tapi suasana sekolah itu benar-benar menjadi kental dan begitu alami.

traveling and teaching

Selain sebuah sampan dengan mesin sederhana sebagai transportasi yang digunakan menuju sekolah, ada lagi satu keunikan dari sekolah ini yaitu kebersamaan antara seorang guru dengan murid. Seorang guru akan bertatap muka setiap hari dengan muridnya terkecuali hari minggu. Hari senin sampai dengan sabtu, mereka akan menginap di sekolah apung itu sambil makan, bercanda dan tidur bersama. Mengajari mereka berhitung sambil memperagakan sebuah gaya, akan membuat anak-anak tersebut mengingat pelajaran dengan baik. Saya sudah tidak sabar menunggu kesempatan traveling itu, melihat mereka serius belajar dengan bangku dan meja yang terbuat dari kayu usang dan dinding gamacca yang menjadi penghangat dinginnya angin malam. Cahaya lampu yang berasal dari sebuah sambungan aki, membuat suasana  benar-benar sederhana disana.

Warna hijau yang berasal dari pepohonan yang mengelilingi danau itu dan kicauan burung-burung yang berisik ketika pagi menyapa, semakin memperlihatkan kesegaran yang sangat jarang didapatkan di kota-kota besar lainnya. Ketika memandang Kiri dan kanan, terlihat Gunung-gunung indah berjejer rapi yang menandakan kekuasaan sang penguasa. Kesabaran extra akan diperlukan ketika bertraveling di Bann ko jatson school (floating class branch) ini, karena sinyal ponsel tidak ada. Sebagai seorang guru, kesabaran sangat diperlukan, karena menjadi seorang guru bukan hanya tentang A, B, C dan 1, 2, 3 tapi seorang guru dibentuk dari susunan empat buah huruf yang mengandung beribu makna, diantarannya adalah kesabaran dalam mendidik serta berani menerima tantangan. Sebuah Prestasi yang menggugah hati ketika traveling and teaching di Bann ko jatson school bisa membuat anak-anak disana tersenyum gembira. Satu senyum dari mereka, sangat berarti bagi saya.

Satu yang Musti saya pelajari sekarang sebelum bertraveling di sekolah Bann ko jatson school, yaitu “BAHASA THAILAND”. Walaupun belum bisa berbahasa thailand, tapi tidak ada salahnya jika saya bermimpi untuk travelling and teaching disana, Soalnya mimpi adalah salah satu jalan dalam menggapai sebuah harapan.

Makassar, 24 Desember 2014

Tulisan ini Menjadi Pemenang Pertama GiveAway Impian Traveling

Iklan

3 thoughts on “Impian Traveling And Teaching

Komentar akan muncul setelah dimoderasi. Terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s