Sumpah Pemuda & Budaya Indonesia

Bangsa Indonesia merupakan bangsa dengan suku, bahasa dan budaya yang beragam. Kebudayaan merupakan salah satu aspek paling penting untuk terus dijaga dan dilestarikan, karena keberadaannya merupakan ciri sekaligus identitas suatu bangsa. Setiap bangsa yang ada di bumi ini, memiliki kebudayaan masing-masing yang berasal dari cerita perjalanan bangsanya. Segudang kebudayaan yang terkemas dalam kesatuan, hingga menjadi ciri khas pembeda tersendiri dari bangsa-bangsa yang lain.

Beribu pulau yang terbentang, beragam suku yang diikuti dengan adat istiadat dan bahasa yang berbeda-beda, menjadikan Indonesia sebagai Negara yang mempunyai keunikan budaya dengan keindahan alam yang menjadi daya jual pesona Indonesia ke berbagai mancanegara. Tak jarang, orang luar Indonesia memuji Indonesia sebagai surga mereka. Walaupun berbeda adat istiadat, suku, budaya dan bahasa, namun semua tetap satu, satu bangsa, satu tanah air dan satu bahasa persatuan bahasa Indonesia. Sebagaimana makna yang tertuang pada isi Sumpah Pemuda yang mengajarkan kita untuk terus melestarikan, mempertahankan, menjaga dan melindungi segala yang ada di tanah air, salah satunya adalah budaya Indonesia.

sumpah pemuda1

Ketika berbicara tentang “Budaya”, sangat erat kaitannya dengan pelaku budaya itu sendiri. Sebagai generasi bangsa, pemuda memegang peranan penting sebagai pelaku budaya. Sejatinya seorang pemuda adalah ruh sebuah bangsa, ruh yang menjadi harapan dan tabungan masa depan dalam bidang intelektual yang serba berkembang dan maju. Maka tidak salah, jika saya mengatakan “segala sesuatu yang terjadi pada budaya Indonesia, entah musnah atau terlestarikan, tergantung dari pemuda sebagai generasi masa depan bangsa Indonesia”

Sesuai dengan isi sumpah pemuda yang di proklamasikan pada tanggal 28 Oktober 1928 yang isinya menyatakan bahwa;

Kami Poetra-Poetri Indonesia Mengakoe Bertoempah Darah jang Satoe Tanah Indonesia.
Kami Poetra-Poetri Indonesia Mengakoe Berbangsa jang Satoe Bangsa Indonesia.
Kami Poetra-Poetri Indonesia Mendjoengdjoeng Bahasa Persatoean Bahasa Indonesia.

Sumpah Pemuda yang terus dibacakan setiap tanggal 28 Oktober ini, sangat syarat akan arti yang begitu dalam. Budaya adalah salah satu hal yang terkandung di dalam sumpah pemuda. Para pemuda bersumpah dengan jelas “Berbangsa Satu dan Bertanah Air Satu yaitu Indonesia”, maka dapat diambil kesimpulan bahwa para pemuda sebagai penentu masa depan bangsa, sangat perlu untuk menjaga, melestarikan, mempertahankan dan melindungi Budaya Indonesia. Bahasa Indonesia juga merupakan bagian dari budaya Indonesia, karena bahasa dan budaya adalah kesatuan utuh terbentuknya suatu bangsa.

sumpah pemuda

Sudah 87 Tahun Sumpah Pemuda terus dibaca dan diucapkan oleh para pemuda Indonesia. Selama kurun waktu tersebut pula, Indonesia telah menulis dan melahirkan berbagai puluhan buku yang mengisahkan sejarah yang dilalui bangsa Indonesia. Selama itu pula, sejarah mencatat berbagai dinamika yang dilalui Indonesia, mulai dari kemerdekaan, politik, ekonomi dan beberapa fenomena yang menjadikan Indonesia yang semakin modern. Dengan beberapa sisi historis yang terlukis dibelakangnya, sampailah kita pada suatu titik yang merupakan akibat reflex dari historis masa lalu Indonesia.

Sudah sangat jelas bahwa salah satu makna sumpah pemuda yaitu menjaga, melestarikan, mempertahankan dan melindungi Budaya Indonesia, karena apalah arti sebuah bangsa tanpa budaya yang melatarbelakangi lahirnya bangsa tersebut. Namun, di era yang serba digital dan modern sekarang ini, mau tidak mau kita harus mengakui jika Western Culture sudah mewabah bagai virus yang mulai menyerang bangsa Indonesia. Mirisnya, Pemuda Indonesia yang selalu mengucapkan sumpah pemuda, adalah korban virus western culture terbanyak. Dengan alasan bahwa Western Culture lebih canggih, modern, kekinian, dan diterima banyak orang, membuat pemuda Indonesia mulai cuek dengan budayanya sendiri dan lebih memilih mengoleksi western culture sebagai budaya terbaru yang harus ada di Indonesia. Anehnya, pemuda barat malah tergila-gila dan penasaran dengan budaya timur Indonesia, hal ini dibuktikan dengan meningkatnya wistawan mancanegara yang berkunjung demi melihat keunikan budaya Indonesia, yang ternyata telah mendunia. Sangat miris memang, ketika melihat pemuda barat yang mencintai budaya Indonesia, namun pemuda Indonesia sendiri lebih tergila-gila dengan western culture yang katanya serba kekinian.

sumpah pemuda2

Sadarlah Pemuda, Western Culture sangatlah menjamur di negeri kita. Apabila kita biarkan, maka budaya kita pun akan termakan oleh Western Culture. Jangan pernah kembali membiarkan Negara lain mengecoh hingga memunculkan pengklaiman kebudayaan, hanya karena kita sangat kurang sigap dalam menjaga budaya kita sendiri. Wahai Pemuda, Apakah kita rela, budaya kita diambil oleh negara lain dan budaya negeri kita tergeser oleh Western Culture?

Kalau bukan kita, siapa lagi?

Peranan Pemuda Indonesia sangatlah penting dalam melestraikan dan menjaga kebudayaan Indonesia sesuai isi sumpah pemuda. Jangan Asal berucap “Sumpah Pemuda” tanpa melakukan dan memperhatikan makna dari isi sumpah pemuda. Sebagai penentu arah masa depan bangsa, kita sebagai pemuda musti memiliki sikap nasionalisme dalam kebudayaan bangsa. Menjaga budaya bukan berarti harus berpakaian adat setiap hari, Namun cukup dengan menjaga identitas dan ciri dari kebudayaan Indonesia, mencerminkan sikap dan kepribadian bangsa indonesia dalam pergaulan internasional.

sumpah pemuda3

Sebagai langkah awal, mari bergabung dengan Sobat Budaya yang mengajak seluruh masyarakat indonesia untuk menjaga, melestarikan, mengembangkan dan mendata budaya indonesia dari sabang sampai merauke. Dengan program Gerakan Sejuta Data Budaya (GSDB), Sobat Budaya mengajak para pemuda dan masyarakat Indonesia untuk mengumpulkan data kekayaan budaya Indonesia untuk dibuatkan perpustakaan digital budaya Indonesia. Data yang telah dikumpulkan akan didaftarkan ke World Intellectual Property Organization (WIPO) sebagai bentuk perlindungan budaya dari klaim, serta untuk kepentingan penelitian selanjutnya. Kunjungi Website Sobat Budaya (http://sobatbudaya.or.id/) dan bergabunglah untuk menjaga, melestarikan, mengembangkan dan mendata budaya Indonesia. Follow Twitter Sobat Budaya DISINI.

Artikel yang saya buat ini juga sebagai bahan evaluasi diri sendiri sebagai pemuda Indonesia, “Sudahkan saya turut andil dalam menjaga dan melestarikan budaya Indonesia?

Seluruh gambar merupakan hasil editan Sang Penceloteh. Bahan Editan diambil pada situs Devianart.Com dengan user (nucleo1991, v3lv3l, clickyusho, ayib)

Artikel Ini menjadi Pemenang Pertama Blog Competition Sobat Budaya

Iklan

12 thoughts on “Sumpah Pemuda & Budaya Indonesia

  1. Jefri Solissa berkata:

    Artikelnya keren mas Rian..
    Saya jadi tertunduk malu sebagai pemuda yang selalu berkoar2 tentang Sumpah Pemuda tapi sama sekali belum melakukan apa-apa dengan kebudayaan indonesia..
    Sadarlah kaum pemuda!

  2. Santih Anggereni berkata:

    Salut sama tulisannya yang mengajak para pemuda untuk terus melestarikan budaya indonesia.. 🙂 Majulah indonesiaku, jayalah Budaya Indonesia..
    Lanjutkan terus informasi melalui blogmu Nak 🙂

  3. Andi berkata:

    Sangat setuju..
    Tanpa budaya Asli, apalah arti bangsa indonesia??
    Kita harus jaga kebudayaan indonesia sekaligus melestarikannya 🙂

  4. Ner Ardian berkata:

    Sebagai Penerus bangsa, kita sebagai pemuda memang memegang peranan penting dalam menjaga kebudayaan kita, sesuai dengan makna sumpah pemuda.. Kebudayaan luar tidak perlu dihapus seluruhnya tapi bisa diambil sisi positif dan diterapkan tapi jangan pernah menjadikannya budaya lokal yang wajib di indonesia =_=…

  5. Surya Blog berkata:

    Sumpah pemuda yang diucap para pemuda terdahulu :
    Mengakoe Bertoempah Darah jang Satoe Tanah Indonesia, Mengakoe Berbangsa jang Satoe Bangsa Indonesia, Mendjoengdjoeng Bahasa Persatoean Bahasa Indonesia.
    Pemuda Sekarang
    Mengaku bertumpah cinta padamu, mengaku berbangsa satu hati padamu, menjungjung cinta kita berdua.. hahaha…

Komentar akan muncul setelah dimoderasi. Terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s