Konten Marketing yang Baik dari Sebuah Blog Post

Seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat, membuat sosial media sebagai pemasar word of mouth semakin efektif, cepat dan selalu tepat sasaran. Iklan di sosial media sangatlah mudah untuk di skip oleh berbagai masyarakat yang cenderung menggunakan internet dalam kehidupan sehari-hari. Pemasar yang cerdas, akan lebih mengerti jika pemasaran yang dilakukan secara tradisional akan menghasilkan hasil yang tidak efektif sehingga diperlukan sosial media sebagai jalan kegiatan pemasaran.

konten marketing4

Ketika menyematkan sosial media dalam kegiatan pemasaran, tentu sangat erat kaitannya dengan konten marketingnya. Konten marketing adalah sebuah jembatan yang berfungsi sebagai pesan yang dapat mempengaruhi dan menunjang kegiatan pemasaran yang ditujukan untuk semua jenis pembaca dari berbagai kalangan. Untuk itu, konten marketing adalah nyawa dari sebuah teknik pemasaran dalam lingkup social media. Dengan alasan itu pula, konten marketing patut untuk dibuat sebaik mungkin, agar dapat menarik banyak pembaca, karena tanpa konten marketing yang baik, maka pemasaran akan sangat mustahil untuk dilakukan.

Kok Bisa?

Bisa Dong! Konten marketing sangat ampuh dalam dua hal, yaitu mendatangkan sekaligus menggaet visitor dan yang paling penting adalah membuat visitor untuk membeli apa yang sedang dipasarkan dalam konten tersebut. Ada banyak tipe konten marketing yang sering kita jumpai di social media, salah satunya adalah artikel pada sebuah blog. Artikel yang bersifat marketing, tidak akan berguna jika dibuat dengan asal-asalan tanpa menyusun terlebih dahulu strategi dalam pembuatan konten marketingnya.

Jadi, bagaimana seharusnya konten marketing yang baik dari sebuah blog post?

Berbicara tentang konten marketing, tidak semudah dengan hanya berkata “Gampang coy! Cuman buat blog doang terus diisi artikel maka pembeli akan berdatangan”

Tidak segampang itu, pembuatan konten marketing harus mengikuti strategi dari konten marketing yang baik, agar pemasaran yang dilakukan dapat berjalan dengan sempurna. Jika tidak mempunyai strategi konten marketing, maka kemungkinan yang terjadi adalah orang tidak akan menemukan blog kalian ataupun menjadi pembeli. Hal ini akan menjadi sia-sia, jika konten marketing yang kita buat selama beberapa jam atau beberapa hari tidak membuahkan hasil, padalah konten marketing bertujuan untuk menjembatani seorang visitor hingga menjadi pembeli. Jadi, seharusnya konten yang baik dari sebuah blog post itu harus memiliki strategi konten marketing yang baik pula. Mari kita bahas lebih lanjut tentang strategi konten marketing.

konten marketing5

Secara garis besar ada 3 tujuan konten marketing yaitu:

  • Mendatangkan Visitor
  • Meningkatkan kepercayaan
  • Penjualan

Perhatikan tujuan nomor dua, terdapat “Peningkatan kepercayaan”, konten marketing yang baik adalah konten yang dapat meningkatkan kepercayaan visitor sebagai calon pembeli atau pengguna, karena tujuan dari konten marketing bukan hanya untuk mendatangkan visitor dan menjual. Tujuan konten dalam meningkatkan kepercayaan sangatlah penting, karena dari kepercayaan tersebut, akan memunculkan hasrat dalam menggunakan atau membeli produk ataupun jasa yang ditawarkan dalam konten. Sebelum seseorang menggunakan atau membeli produk ataupun jasa, maka mereka akan mencari terlebih dahulu informasi yang bisa membuat mereka percaya terhadap produk ataupun jasa yang sedang ditawarkan. Disinilah peran konten marketing dalam membuat sebuah kepercayaan terhadap calon pembeli atau pengguna yang datang ke blog kalian. Intinya, tujuan untuk membuat visitor menjadi pembeli/pengguna yaitu dengan meningkatkan kepercayaan mereka. Dengan konten marketing, mereka akan mengenal kalian, percaya kepada kalian dan membeli/menggunakan produk/jasa kalian.

Perlu diperhatikan juga, dalam membuat sebuah konten marketing musti memperhatikan target pasar yang diinginkan. Jangan sampai tujuan kalian adalah menjual tapi membuat konten yang tidak menjual. Konten marketing yang baik adalah konten yang sudah mengetahui target pasar yang diinginkan dengan mengumpulkan data berupa; siapa saja yang biasanya membeli, umurnya berapa, apa permasalahan mereka, dan perilaku sehari-hari mereka seperti apa. Data-data tersebut dikumpulkan guna mengetahui target pasar yang akan ditargetkan sekaligus sebagai bahan dalam membuat konten marketing yang lebih berbobot.

konten marketing6

Berbicara tentang konten, terdapat dua jenis konten yang sering ditemui ketika kita berselancar di google, yaitu konten ringan dan konten berat. Konten ringan adalah konten yang dapat dinikmati oleh semua orang dari berbagai kalangan, sedangkan konten berat adalah konten yang sifatnya lebih fokus pada suatu bidang, sehingga konten yang termasuk dalam konten berat ini, tidak bisa dinikmati oleh semua orang. Namun orang yang memiliki bidang yang sama, akan lebih mencintai konten berat ketimbang konten ringan.

Dilihat dari segi fungsi, konten ringan berfungsi sebagai pemikat agar orang-orang mau berkunjung ke blog atau website. Hal ini akan menjadikan blog semakin mempunyai banyak pengunjung. Sedangkan konten berat berfungsi untuk membuat orang-orang yang berkunjung menjadi yakin dan percaya akan kualitas yang disajikan dalam konten. Sebagai konten marketing yang baik pada sebuah blog post, maka harus mengandung kedua jenis konten tersebut. Perhatikan gambar dibawah ini,

konten marketing

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, ada 3 tujuan yang harus dicapai dalam membuat konten marketing yaitu mendatangkan visitor, meningkatkan kepercayaan dan penjualan. Perlu kalian ketahui, satu konten marketing tidak dapat memuat keseluruhan tujuan tersebut. Untuk itu, dibagilah 3 jenis konten yang akan mewakili masing-masing tujuan konten marketing, demi terciptanya konten marketing yang berkualitas. 3 jenis konten tersebut adalah konten pengenalan, yang digunakan sebagai pemikat visitor, konten branding yang digunakan sebagai peningkat kepercayaan kepada visitor dan yang terakhir adalah konten penjualan yang berisi penawaran produk atau jasa.

Nah, konten marketing yang baik dari sebuah blog harus membuat pemetaan ide, entah itu judul maupun isi yang dituangkan pada setiap jenis konten, yang berguna meraih tujuan marketing yang sebenarnya. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh berikut,

konten marketing1

Bagaimana, terlihatkan bedanya untuk masing-masing jenis konten?

Sejalan dengan tujuannya untuk memikat visitor, maka konten pengenalan harus lebih ringan dan bisa dinikmati oleh semua orang, walaupun saat mereka membaca konten tersebut, mereka belum mau membeli perlengkapan traveling and teaching. Jadi, konten pengenalan ini berguna untuk dinikmati oleh siapa saja, kapanpun dan dimanapun.

Khusus konten branding, hanya bisa dinikmati bagi mereka yang ingin traveling and teaching. Jadi sifat konten ini adalah khusus walaupun pada konten branding ini, kalian belum bisa untuk berjualan. Fungsi konten branding adalah pengingat buat mereka atas konten pada blog kalian, jadi ketika mereka butuh dan ingin traveling and teaching, maka mereka akan mencari konten pada blog kalian tersebut.

Setelah mereka masuk pada konten branding, maka saatnya kalian mengarahkan mereka pada konten penjualan yang berisi penawaran, agar mereka mau membeli atau menggunakan produk atau jasa kalian.

Ketiga konten ini sangatlah berkaitan, jadi sebagai blog penyedia konten marketing harus memuat ketiga jenis konten tersebut. Jika ada yang terlewat, maka akan ada kemungkinan; tidak ada visitor yang berkunjung ke blog kalian atau ada visitor yang berkunjung namun tidak membeli/menggunakan barang dan jasa kalian.

Pertanyaan : Dari ketiga konten tersebut, manakah yang dominan untuk dibuat?

Menjawab pertanyaan ini, kita kembali pada prinsip utama konten marketing yaitu lebih banyak memberikan edukasi dan penyelesaian masalah ketimbang penjualan. Jadi, memang sudah seharusnya konten pengenalan dan branding dibuat lebih banyak dari pada konten penjualan, sebab jika sebuah blog berisi lebih banyak konten penjualan ketimbang pengenalan dan branding, maka blog tersebut hanya akan di intip, ataupun sekedar membaca judul tapi mengabaikan isi.

konten marketing3

Namun yang perlu diperhatikan disini adalah:

Konten pengenalan harus dibuat lebih popular dari konten yang lain. Hal ini dimaksudkan agar visitor dapat nyaman dan menikmati sajian konten saat berkunjung ke blog kalian. Sedangkan konten Branding harus dibuat seprofesional mungkin dan berkualitas tinggi, agar visitor dapat percaya dan meyakini konten yang disajikan. Sebab konten branding adalah jembatan visitor untuk menjadi seorang pembeli dan pengguna barang//jasa yang ditawarkan pada konten penjualan.

Pertanyaan : Bagaimana cara membuat visitor membaca seluruh konten (pengenalan, branding dan penjualan)?

Nah ini mudah, kalian tinggal menyisipkan link tiap artikel pada akhir postingan. Jadi, konten marketing yang baik pada sebuah blog post adalah konten yang dapat mengarahkan kita dari konten pengenalan – Branding – Hingga penjualan. Hal ini mutlak dilakukan pada sebuah konten marketing pada blog, agar visitor mengetahui jika kalian menyiapkan sesuatu untuk mereka. jika tidak dilakukan, maka ada kemungkinan kalau visitor hanya membaca konten pengenalan ataupun konten branding tanpa mengetahui jika kalian sedang menjual sesuatu kepada mereka.

konten marketing2

Jadi, konten marketing yang baik pada sebuah blog post itu adalah konten marketing yang tidak dibuat dengan asal-asalan, melainkan dengan strategi konten marketing. Strategi yang memperhatikan tujuan dan prinsip konten marketing yang kemudian dituangkan dalam 3 jenis konten yang saling berkaitan yaitu pengenalan, branding dan penjualan. Intinya, konten yang baik adalah konten yang lebih banyak memberikan edukasi dan penyelesaian masalah ketimbang penjualan. Jangan lupa, distribusikan konten marketing kalian, karena tanpa distribusi, konten sebagus apapun tidak akan pernah popular.

Salam, Penceloteh 🙂

Iklan

4 thoughts on “Konten Marketing yang Baik dari Sebuah Blog Post

  1. Firmansyah berkata:

    Mas Rian. Domisili dimana ya? Blog mas rian inspirasi saya banget mas. Hebat, sya suka bahasa dan gaya penulisan mas rian di seluruh tulisan blog ini. Menarik, sangat menarik. Kalo boleh kenal, hehe Mas Rian pekerjaan apa? Blogging sebagai sambilan saja kan? atau memang pekerjaannya bersangkutan dgn blog jga? Motivasi saya donk mas, agar selalu konsisten dalam menulis or blogging. 🙂 Thanks before,,,

    Salam dari blog saya Firman’s Update.

    Salam Penceloteh, Salam Blogger,,,

    • Penceloteh berkata:

      Alhamdulillah terimakasih atas pujiannya mas Firman. Blogging hanya sekedar hiburan mas. wah saya tdk bisa motivasi mas soalnya saya juga baru belajar dan membutuhkan org juga untuk terus memotivasi dalam ngeblog… sama-sama memotivasi ajah kali yah mas hehehe

Komentar akan muncul setelah dimoderasi. Terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s