AKLAM : Karena Berbagi Itu Keren!

Segarnya embun, kembali membujuk saya untuk berceloteh pagi ini. Sebenarnya, saya sudah lama ingin menuliskan tentang ini. Yah! tentang sebuah komunitas kampus yang memberikan pengertian lebih tentang kata berbagi, sekaligus mengenal arti kebersamaan sesungguhnya. Berbicara mengenai komunitas kampus, maka akan lekat dengan jurusan yang dipilih. Kebetulan, saya terdampar di jurusan yang pernah saya kutuk sewaktu SMP dan SMA. Salah satu jurusan yang kebanyakan orang awam memberikan kata “Hebat” kepada para penyandang gelarnya, yaitu Pendidikan Fisika. Nah, berbicara tentang fisika, pasti yang terbayang duluan adalah rumus, konsep yang berliku, susah, hitung-hitung, stress, dosen killer dan masih banyak lagi (bayangan orang pasti berbeda-beda). Di celotehan saya kali ini, tidak akan membahas tentang jurusan pendidikan fisika melainkan komunitas yang terdapat di dalamnya.

aklam

Setiap orang, pasti memiliki tipe komunitas mereka masing-masing, yang tentunya menghantarkan mereka pada kata “Peningkatan Diri”, dari kata “Tidak Tahu” menjadi “Tahu”. Dalam lingkup kampus, banyak komunitas yang terlahir dari kumpulan bakat, hobi, kesamaan pola pikir hingga tercapai pada tujuan komunitas itu sendiri. Sama halnya dengan jurusan Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar yang melahirkan komunitas AKLAM untuk mengubah pola pikir para Siswa-Siswi yang masih duduk dibangku SMP-SMA tentang fisika, dari kata “Sukar” menjadi “Asyik”. Hal ini disebabkan, Fisika selalu dipandang sebelah mata sebagai mata pelajaran yang membosankan. Padahal tidak seperti itu, Mata Pelajaran Fisika adalah mata pelajaran yang mengasyikkan jika dilakukan dengan metode pembelajaran yang mengasyikkan pula, salah satunya adalah metode praktikum.

aklam3

Aplikasi Kerja Laboratorium Mahasiswa (AKLAM) adalah salah satu komunitas yang berusaha memperkenalkan jika fisika itu tidak menyeramkan, melainkan mengasyikkan dengan melakukan metode pembelajaran menggunakan praktikum. Selain memperkenalkan fisika dengan metode praktikum, AKLAM juga akan membedah tuntas Laboratorium IPA Sekolah, agar proses praktikum kedepannya menjadi nyaman dan dapat terlaksana dengan baik. Jarang-jarang loh sekolah yang di daerah menggunakan fasilitas laboratoriumnya, bahkan KIT IPA saja jarang digunakan. Untuk itu, AKLAM akan mendatangi sekolah yang terpilih untuk menjalankan visi-misinya dalam dunia pendidikan.

Aklam1

Nah, saya sendiri join di komunitas ini ketika memasuki semester empat tepatnya tahun 2012 yang lalu. Awal join di komunitas yang dipimpin oleh Muhammad Syihab Ikbal, M.Pd dan Suhardiman, M.Pd yang dilindungi oleh Jurusan Pendidikan Fisika ini, ternyata benar-benar menambah pengalaman yang luar biasa bagi saya. Selain menambah pengalaman, wawasan akan praktikum fisika SMP-SMA juga semakin meningkat, ini akan menjadi modal utama ketika akan mengabdi pada dunia pendidikan. Hal ini dikarenakan, system pembagian percobaan tiap KIT dilakukan secara bergilir, jadi semuanya pasti dapat bermacam percobaan berbeda pada lokasi AKLAM nantinya.

aklam7

aklam11

Daerah yang pernah menjadi lokasi aklam khusus angkatan saya, yaitu Kabupaten Pinrang tepatnya di SMPN 2 Pinrang; Kabupaten WAJO tepatnya SMPN 1 Keera dan SMPN 1 Majauleng; Kabupaten Bulukumba tepatnya di MTSN 210 Tanete dan Kabupaten Takalar tepatnya di SMAN 1 Galesong Utara. Berbekal ilmu yang dimiliki dan siap untuk dibagi, kami melangkah dengan balutan Jas Aklam dengan penuh semangat, dalam memberikan kontribusi pada dunia pendidikan. Penyambutan yang baik dan ramah yang dilakukan para instansi sekolah, mempermudah langkah kami dalam melaksanakan berbagai kegiatan.

Sebelum ke lokasi, tim AKLAM dibagi menjadi 2 bagian yaitu bagian Instruktur & Pengajaran dan bagian Laboratorium. Saya sendiri termasuk dalam bagian Instruktur & Pengajaran. Sebuah kesyukuran itu, ketika melihat siswa sangat antusias dengan kedatangan kami. Adapun kegiatan yang dilakukan yaitu pengenalan lebih jauh tentang pendidikan fisika yang dirangkaikan dengan pembahasan share and discussion tentang Global Warming; Pelatihan pengisian Lembar Jawaban Komputer (LJK) dengan kumpulan soal ujian nasional; Pelatihan dan Pembimbingan berbagai percobaan fisika (KIT); Pembenahan tuntas Laboratorium IPA; Kegiatan ditutup dengan pelaksanaan lomba cerdas-cermat dan eksperimen fisika.

aklam6

aklam8

aklam12

aklam2

Tidak sedikit guru IPA maupun fisika yang menyambangi kami ketika melakukan eksperimen. Sambil memegang bolpoint dan buku catatan kecil, mereka mencatat tiap bagian percobaan. Sesekali mereka bertanya tentang metode praktikum dan langkah-langkah tiap eksperimen yang dipraktikumkan. Sungguh pengalaman yang luar biasa, bisa memberikan sesuatu yang berharga dan bisa diaplikasikan dalam dunia pendidikan, walaupun menurut kami ini hanyalah secuil. Tapi bukankah secuil lebih baik dari pada tinggal diam dan menghasilkan usaha = nol?

aklam9

aklam10

Lihatlah ekspresi keseriusan mereka mengikuti kegiatan pembelajaran yang kami lakukan. Semoga apa yang kami berikan dapat bermanfaat, walaupun keberadaan kami disekolah hanyalah beberapa hari saja. Kerja yang luar biasa bagi tim laboratorium yang membedah tuntas laboratorium IPA, mulai dari  pendataan alat hingga kesempurnaan dan kenyamaan praktikum dapat berjalan sebagaimana mestinya. Kebanggaan luar biasa bisa bergabung dengan komunitas yang didalamnya terdapat orang-orang yang hebat dan mau diajak susah serta kerjasama. Dedikasi dan motivasi yang diberikan oleh bapak Suhardiman, M.Pd dan Syihab Ikbal, M.Pd, memberikan hasil yang masih dirasakan hingga saat ini.

Aklam4

Sampai sekarang, Tim AKLAM masih terus mengunjungi sekolah-sekolah yang terpilih dengan anggota pada disiplin ilmu sains pendidikan yang siap dibagikan. Semoga komunitas AKLAM ini bisa terus berjalan dengan program-program yang terus ditingkatkan. Setelah masa angkatan saya usai dan digantikan angkatan selanjutnya, saya menemui kebahagiaan tersendiri ketika melintas disalah satu jalan di kabupaten pinrang. Dari kejauhan, saya melihat segerombolan siswa dan siswi yang duduk dengan asyiknya, tiba-tiba menghampiri saya. Mereka mencoba menerka nama saya dengan embel-embel kata “AKLAM” dibelakangnya. Dan, setelah saya mengangguk membenarkan, mulailah mereka berbicara secara gambalangnya tentang kegiatan kami 2 tahun lalu disekolah mereka. Saya hanya tersenyum mendengar cerita mereka, sebuah kebanggaan tersendiri karena apa yang kami lakukan, bisa memberi kesan yang positif terhadap mereka. Setidaknya, apa yang kami lakukan 2 tahun yang lalu disekolah mereka adalah momen yang bisa mereka ingat sampai kapanpun.

aklam0

aklam011

Mulai sekarang, saya tidak akan menggeleng lagi, jika dilempar pertanyaan “Apa yang sudah kamu perbuat untuk Indonesia khususnya dalam memajukan dunia pendidikan?”

Bagaimana denganmu kawand? Punya cerita komunitas juga?

Iklan

10 thoughts on “AKLAM : Karena Berbagi Itu Keren!

  1. Heru Arya berkata:

    Sejujurnya, gue selalu bangga sama orang yang punya sikap seperti ini. Karena jarang banget ada orang yang rela untuk waktunya disita dengan banyak kegiatan seperti ini. Tapi, saya selalu bangga sama orang yg peduli pendidikan, dulu saya merasakan betapa berharganya pendidikan ketika KKN di tempat terpencil.

    Yang gue temui adalah bagaimana gue bisa maju dengan semua pembelajaran ini? Gue bersyukur banget bisa sampai saat ini. Semoga saja akan semakin banyak orang² sepertimu bro.

Komentar akan muncul setelah dimoderasi. Terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s