Yakin atau Tidak Yakin, Tetap LANJUT

yakin

Mau atau tidak mau, kehidupan akan terus berputar dengan berbagai kisah yang siap terukir. Siang ini saya kembali duduk di tongkrongan baru, yah! Sebuah kedai kopi yang terletak tidak jauh dari keramaian para pengendara. Menikmati sebuah kopi yang dibuat para peracik LIDI Coffee And Hangout sambil menulis sesuatu yang tiba-tiba terbesit dalam pikiran saya siang ini. Dari judulnya mungkin agak aneh, “Yakin atau Tidak Yakin, Tetap Lanjut”, Tapi itulah yang saya rasakan saat ini. Tatkala ada 3 Email masuk untuk tes suatu pekerjaan dengan posisi yang sangat menguntungkan. Sedikit banyak saya yakin bahwa langkah selanjutnya adalah mengkonfirmasi kehadiran dan mempersiapkan segalanya. Ada rasa deg-degan, ada rasa antusias, ada juga kebingungan, dan perasaan lainnya, terlebih lagi saya telah bekerja disebuah perusahaan juga saat ini.

Hal-hal seperti ini yang seringkali ditemukan dalam kehidupan kita. Kita telah menentukan suatu tujuan, dan samar-samar telah menetapkan langkah yang ingin dan akan diambil. Tapi ketika Tuhan punya berbagai rencana lain untukmu yang tidak pernah kamu pikirkan sebelumnya, semua bisa saja berubah. Saya sebenarnya tidak menyesali hal itu. Justru itu mungkin pertanda bahwa Tuhan sedang menambah satu jenis bumbu ke dalam kehidupan kita. Now or later, you will thank Him eventually.

Bagi saya, sebuah tujuan yang ingin ditetapkan merupakan suatu kata sifat, dimana saya ingin kehidupan yang seperti ini atau itu; dibandingkan dengan saya ingin ini atau itu. Sesuatu yang berjenis kata sifat ini, membuat saya merasa bisa lebih waspada dari apa yang dinamakan dengan kata “keserakahan”. Jadi toh kalau harus belok sana sini untuk mencapai tujuan, selama itu tidak merugikan diri sendiri dan orang lain, kenapa tidak? Tujuan itu pun bisa menjadi sangat relatif, sehingga kita pun bisa terhindar dari apa yang dinamakan dengan kata “penyesalan”.

Misalnya, tujuan paling mendasar saya hidup adalah ingin segala sesuatunya bahagia. Bahagia itu relatif, dimana ketika segala cara yang telah saya tetapkan pada akhirnya tidak terealisasi, saya masih bisa tetap menghipnotis alam sadar saya untuk tetap mensyukuri semuanya. Karena toh ternyata jalan lain bisa membuat kita bahagia.

Salah satu yang saya pelajari selama ini adalah, “Dia-Dia” yang kita sebut dengan kata “Mereka” memang bisa memberikan saran dan kritik yang berbeda, agar ada pertimbangan ingin mengambil atau tidak. Tapi jangan sekali-sekali membuatmu goyah, karena kita berhak bahkan sangat berhak “Menentukan Warna-warni kehidupan kita Sendiri”. Keep up the positivity and be happy with the way everything is 🙂

Salam, #SangPenceloteh

8 thoughts on “Yakin atau Tidak Yakin, Tetap LANJUT

  1. anonim berkata:

    Trkadang memang berat ketika kita di hadapkan pada 2 pilihan…tk trelakkn lagi rasa bingung mnghantui…tpi jika kita dharuskn mngambil slah satunya…maka hal2 bijak yg bisa dlakukan d antranya…meminta petunjuk-Nya,utamakan kenyamanan…prhatikan dampaknya pada orang2 trsayang apkh mmbahagiakn atw sbaliknya…knyamanan dn kebahagiaan pribadi emang penting tpi kbahagiaan brsama jauh kebih baik…
    ‘Ciieelaahhh….apaan siihhh sok bijak….hahahha asal koment…
    Btw..tulisannya kerenn…penuturannya ringan dn enak d baca… 🙂

  2. Agung Pratama berkata:

    kalimat -“Dia-Dia” yang kita sebut dengan kata “Mereka”- saya menyamakan dengan kata Sahabat, benar gak nih feeling gue rhyantd?
    kalau bener sahabat, mungkin ada benarnya juga. terkadang memang kita jadi tidak terarah ketika mendengar saran dari seorang sahabat karena kita memfokuskan untuk menyelaraskan dengan pemikiran mereka.

Komentar akan muncul setelah dimoderasi. Terimakasih

